Beranda Affi Raish

affiRaish-friends

affiRaish-friends
MA YPI CIWANGI

Kamis, 16 Desember 2010

Roman PIcisan 1

Chapter I

ROMAN PICISAN

Karya : Rafi Alawiyah Rais

“Tari, kalo enggak mau makan enggak usah digitu-gitu. Sayang, itu makanan bukan maenan kamu. Harusnya kamu bersyukur, kamu masih bisa makan nasi sama lauk pauknya. Liat orang yang ada di sekitar kamu, mereka masih susah makan nasi bareng lauk pauknya. Mau dapetin nasi aja susah apalagi lauk pauknya.”

Yeah, itulah sekiranya kata-kata yang sangatlah gue hafal, begitu seringnya Mami ngucapin itu, padahal baru aja tadi pagi Mami ngomong gitu, kenapa coba musti diulang-ulang?

“Kebiasaan deh kalo liburan, pasti kamu gitu....” Lanjut Mami yang dengan tanpa sadar kalo ternyata selama khotbah Mami dari awal itu gue gak dengerin.

“Tari ke kamar dulu, Mi....” Hanya itu yang bisa gue ucapkan tatkala omongan Mami mulai menjurus ke pertanyaan ‘mau kamu apa sih, Tar?’ – hellloooo... gak usah ditanya ‘kale, Mami juga pasti jawabannya udah tahu cuman dia mau kembali ngomelin gue dan kembali mengasah ilmu khotbahnya, berusaha bikin gue insaf.

“Dasar anak jaman sekarang, dinasehatin malah gitu, maunya apa sih?” Tuh ‘kan apa kata gue? Meskipun gue udah gak denger dan udah masa bodo’ Mami tetep aja nanyain itu, entahlah dia nanya sama siapa.

Ò

Papi pulang dari kantornya dengan membawakan Pizza Hut, makanan yang beberapa hari ini gue benci soalnya boseeeennnn... banget, dodol. Gak dodol gimana coba?! Tiap hari gue dikirim Pizza Hut sama beberapa temen gue yang dengan niat baik hatinya mau bahagiain gue karena gue ngabisin waktu liburan di rumah aja.

“Malam sayang... kok cemberut gitu? Jelek ah keliatannya....”

Boring.”

“Kenapa?”

“Ah, kebiasaan tuh, Pi... udah jangan diladenin nanti manja lagi dia.” Sambung Mami. Uh, kalo aja Mami enggak ngomong gitu duluan pasti gue ngatain ke-boring-an gue selama ini. Bayangin deh... gue selama liburan udah tiga hari diem di rumah, sementara temen-temen sekolah dan sekomplek gue pada liburan. Hiks... hiks... hiks....

“Tar, Papi bawain Pizza nih... kamu pasti suka.”

“Enggak!” Jawab gue sok galak. Padahal dalam hati gue bergetar-getar ‘dosa gak yah gue ngomong keras gini ke Papi-Mami?’ Gue pun kembali masuk kamar dan mencoba untuk menenangkan diri, siapa tahu aja gue dapet hiburan yang menarik di kamar ketimbang nonton bareng Papi-Mami yang kayaknya udah gue tebak, pasti mau nyeramahin gue masalah ke-boring-an gue ini.

Kembali gue duduk di sofa belakang kasur sambil manyun, memeluk boneka monyet pemberian dari Aldo – pacar sementara gue di waktu SMP – “Eeeuuuuhhhh... boring, dodol banget sih kehidupan gue? Mustinya ‘kan gue bahagia dengan masa-masa liburan gue. Harusnya gue asyik-asyikan sama Heris, sama Bima, sama temen-temen gue yang laen. Euuuhhh, dudung.” Runtuk gue seketika. “Aduh, lama-lama gini gue bisa lumutan!”

Handphone gue berdering begitu kencangnya. Na’as, nomornya di-private.

“Hallo....” Sapa gue dengan nada lemah.

“Hallo Tari....”

“Siapa nih?” Jidat gue mengkerut.

“I-ih, tega lo. Ini gue, Pinkan. Lo lupa yah....?”

“Sori, ini bukan saatnya untuk mengingat-ingat beberapa daftar temen gue yang nelpon pake nomor private. Ada apa, Nkan?” Tanya gue dengan begitu ketusnya karena gue ngiri sama dia yang ngabisin liburan di Sydney barengan familinya. Ih, hebaaaattt....

“Kok gitu sih lo... gue cuma mau berbagi kebahagian gue, oh ya... gue udah nyampe di rumah eyang gue. Lo sendiri gimana? Udah nyampe di rumah tante lo juga?”

“Eyang gue? Di mana maksud lo?”

“Loh, ‘kan lo cerita, kalo lo mau ngabisin liburan di Paris.”

Je ne comprend pas, Pinkan.....”

“Aduh, ngomong apa sih lo?”

“Gue enggak ngerti maksud lo!” Kata gue dengan nada keras.

“Tari.... seminggu lalu lo cerita, kalo lo mau liburan ke Paris, helllooooo... inget gak sih lo?”

“Oh....”

“Kenapa? Jadi gimana? Seru nggak di sana? Kok cuma ‘oh’ sih?”

“Seru apanya? Gue masih ada di Bogor, o’on....”

“Loh, sejak kapan lo ngeniatin buat ngabisin liburan di Bogor? Apa lo lupa sama penyakit boring lo? Kita libur dua minggu loh, Tar. Inget ituuuu....”

“Gatot. Bonyok kayaknya enggak bakalan liburan, dan gue juga.”

“Yaaahhh... nggak seru lo, masa liburan di rumah aja?”

“Iya nih....” Rengek gue.

“Waaaahhh... kalo aja lo ngomong kalo ke Paris enggak jadi. Pasti gue enggak akan ninggalin tiket lo di rumah gue buat pergi ke Sydney bareng keluarga gue.” Utasnya.

“Maksud lo, Nkan....?”

“Iya, tadinya gue bareng bonyok mau ngajakin lo ke sini, tapi dikarenakan lo ngomong mau ke Paris, ya udah... disimpen lagi deh tiketnya.”

“Yaahh... tega banget sih, lo...? Gue ‘kan mau ke Sydney. Gue belum pernah ke sana loh....”

“Ups, sorry... abis lo juga yang salah sihhh....” Uh, gue cuma mampu merintih dan menyesali pengakuan gue yang dulu dengan pede-nya gue ngomong ‘liburan ke Paris, di depan Eiffel gue sama bokap bakalan seru-seruan lagi, kayak tahun kemaren, waaahhh... seru deh.’

“Oh ya, udah dulu ya... gue mau jalan-jalan dulu. Entar gue telpon lagi, oke... daah....”

Klik.

Yeah... gue sial.

Kalo aja gue enggak ngomong ke si Pinkan kalo gue mau ke Paris pasti dia ngajakin gue ke Sydney, aahh... ini semua gara-gara Papi, kalo aja bulan lalu enggak ngomong mau ke Paris pasti enggak kayak gini ending-nya. U-uuhhh...

Hari udah menunjukan pukul sepuluh malam. Waktunya buat tidur, tapi sayang gue belum ngantuk. Gue masih kebayang keasyikan Pinkan di Luna Park bareng temen-temen TK-nya di sana. Waah... sedangkan gue?

Hhhhmmm.... hiks, hiks, hiks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

abis baca2 , comment yaa... amaL loch ^_^