Beranda Affi Raish

affiRaish-friends

affiRaish-friends
MA YPI CIWANGI

Kamis, 16 Desember 2010

Roman Picisan 3

Next : 3

Mami sama Papi udah berangkat ke Jakarta, di rumah cuma ada tiga orang. Gue, Pak Andi, sama Susi - pembokat belia.- Ya, boring gue di hari keempat. Sendiri dan sendiri lagi....

“Sus, ada cemilan nggak sih? Garing banget deh....”

“Oh, tunggu sebentar Mba.”

Gue bangun dari posisi gue terdahulu dan berjalan menuju pintu belakang menuju panorama alam ala home yard gue. Halamannya gak luas-luas banget sih, pepohonannya juga cuma mangga sama strowberi doang, yang lainnya cuma rumput-rumput biasa. Oh yah, ditambah sama kursi besar yang terbuat dari beberapa kumpulan batu yang gue dapet dari pantai Pangandaran. ‘Wow....’ itulah ekpresi orang-orang yang sadar kalo kursi itu terbuat dari batu.

Halaman rumah begitu sepi, gue gak pernah ngerasain hidup sepi kayak gini. Kalo di asrama hari gini tuh gue lagi pembelajaran kepribadian seorang wanita, biasa... Mami berharap gue bisa jadi Miss Indonesia yang ramah dan bersahaja, tak lupa menjadi seorang Miss Indonesia yang senantiasa menutup auratnya (ada gitu??). Emang iya, di asrama aja gue gak boleh tuh pake celana, minimal gue pake rok selutut. Pake celana tuh dibolehin kalo lagi tidur aja, itu juga pake celana tidur yang panjang khusus buatan yayasan asrama. Gila gak tuhhh?

Emang, hidup di asrama yang serba banyak peraturan dan sanksi emang kadang bikin bulu kuduk berdiri. Tapi, kalau sekiranya itu akan membuat kita lebih baik dan lebih disiplin, ya why not?!

Gue ngelamun, gue sandarin punggung di daun pintu. Angin yang menampar halus rambut gue bikin gue menutup mata sejenak. Gue pengen ngerasain gimana nikmatnya hidup di rumah dan terlepas dari aturan-aturan asrama.

“Mba, ini cemilannya.” Ucap Susi. Sumpah, itu bikin gue tersentak kaget akhirnya gue buka mata dengan perasaan yang amat kaget. “Mba, sebelum ibu berangkat, ibu berpesan katanya Mba Tari jangan keluar rumah dulu sebelum ibu sama bapak datang.”

“Iya udah tahu... telat!”

“Oh....”

Mami gak percayaan banget sih sama gue, gue ‘kan udah berulang kali manggut-manggut waktu Mami ngasih pesan itu. Masih aja ngasih pesan lewat Susi. Dasar ibu-ibu, panikan banget sih... enggak pernah percayaan sama anak perempuannya. Gue ‘kan udah gede, udah bisa jaga diri dan udah bisa matuhin kata-kata orang tua. Gue bukan anak kecil yang sekali manggut langsung ngelanggar lagi, nggak yah....!

Cemilan udah abis, tinggal bungkusnya tuh....

Gue beralih ke kamar, gue berbaring... Ya, hari menuju siang yang terik. Waduh, gue gak sanggup deh kayaknya kalo harus bener-bener lewatin long holiday gue di rumah aja. Kebayang kalo liburan ke Paris yang gak jadi dan gak ada gantinya, waahh... mati gue kalo trus-trusan di rumah. Untung aja Papi ditugasin ke Bradford, lumaian... gue ‘kan bisa nostalgiaan di sana bareng sobat kecil gue, David.

Oh ya, ngomong-ngomong sama David. Dia gimana ya sekarang? Apakah masih baek dan sok jaim kayak dulu? Apa dia juga masih inget sama gue? ‘Tarina Predietha Eibley.’

Hhhhmmm... Tante Vero ngijinin gak yah kalo gue maen-maen lagi sama David? Moga aja deehhh.... Tante Vero itu orangnya parnoan, prinsipnya : anak-anak cowoknya – Jack, David, Adolfo, Sammy – gak boleh maen-maenan sama anak cewek. Entahlah apa alasannya prisip itu dibuat yang jelas itu kayaknya makin mempersulit mereka buat punya pacar.

Abis salat Dzuhur, gue mencoba untuk menghabiskan siang hari gue buat tidur. Yap, tidur adalah jalan pintas terakhir untuk melalui siang-siang membosankan seperti ini.

“Tar, Tar, Tari.... Bangun!” Suara itu bersumber dari telinga kanan gue, tangannya guncang-guncang tubuh gue begitu keras. Siapa sih nih?? Gue ‘kan baru aja tidur. Dodol in dudung loooo....

“Bangun dong....” Lanjutnya lagi.

“Ih, siapa sih?”

“Bangun dulu, baru lo tanya gue siapa.”

Nantang tu orang... siapa sih? Gue pun bangun dengan penampilan yang kusut, rambut gue acak-acakan kemana-mana. Entahlah gue harus apa kalo tahu ‘tuh orang siapa, yang jelas gak ada niat buat ngerapiin rambut gue waktu tahu kalo tuh cowok emang ganteng.

“David.” Bisik gue tiba-tiba.

“Bangun!”

“Loh, kok lo ada di sini?”

“Ini rumah gue ‘kali... Lo ketiduran waktu beresin koper, nyokap gue dari tadi nereakin lo, tapi lo gak nyaut-nyaut akhirnya gue yang harus naik ke atas nyari lo. Lo baru dateng udah nyusahin gue tahu....”

Ketus banget sih lo? Kalo enggak niat bangunin gue ya jangan bangunin gue. Susah amat!

Finally, gue pun bangun dari tidur gue dengan sejuta kekesalan sama si David yang ternyata ketusnya enggak berubah-berubah. Sok jaim, gue tahu kok lo tuh kangen gue, kangen gangguin gue tidur. Uh, otak lo payah... masih bisa gue baca, dodol.

“Tante manggil gue ada apa?”

“Makan malam.”

“Gue heran deh... baru aja gue tidur, kok udah malem lagi ya?!”

“Ngigo lo berlebihan, cepetan turun. Semua nunggu lo.”

“Ih, biasa aja ‘kali... dasar cowok freak.” Bisik gue setelah yakin kalo David udah keluar dari kamar gue.

Pas turun ke bawah dan menuju ruang makan, gue liat semua duduk dengan rapi di depan meja makan, mereka memandang gue dengan tatapan welcome terkecuali sama si David, cowok yang udah gue kenal kapasitas otaknya kayak gimana, pinter-pinter dongo.

“Silakan duduk! Tadi Papi kamu baru aja berangkat ke proyek.” Ujar Tante Vero dengan senyum manis yang menghiasi bibir tipis berwarna pink itu.

“Tidurnya nyenyak, Tari?” Tanya Jack dengan santun.

“Hhhmm....” Gue cuma senyum karena gue malu.

“Makannya yang banyak yah, soalnya cuaca lagi dingin. Gak baik kalo kelaparan nanti kamu sakit....”

“Iya tante.”

Gue duduk di sofa ruang keluarga, di ruangan itu cuma ada gue, Tante Vero sama Sammy. Yang lain gak tahu kemana, pokoknya usai makan suasana rumah jadi sepi. Tiba-tiba hening.

“Kalau udah makan, emang suka gini... sepi.” Tukas tante.

“Emangnya suka pada kemana aja tante?”

“Macem-macem. Jack kalo udah makan malam pasti ke kamar, belajar atau enggak browsing. David, dia suka main ke rumah tetangga sebelah katanya sih belajar bareng. Kalo Adolfo dia suka ke kamar nonton televisi sendirian. Dan Sammy, dia suka di sini bareng Tante.” Jelasnya panjang lebar ketika menceritakan kegiataan keempat anak cowoknya setelah makan malam.

“David sekarang gak ada di rumah?”

“Gak tahu, mungkin dia lagi ke rumah sebelah.”

“Ke siapa Tante?”

“Rafena. Temen SD-nya David sejak kecil, anaknya baik dan sopan, dia juga sering ke sini, bantu Tante masak.”

“Temen David dari kecil ‘kan gue, bukan Rafena. Huh, musuh baru.” Bisik gue dalam hati.

Terdengar langkah gesa yang gak asing lagi buat gue kenal. Yap, pasti David. Langkahnya gede jadinya gesa. Gue lirik ke arah tangga menuju kamar-kamar. David lagi buru-buru, dia berpakaian santai. Kaos merah tua dan celana pendek berwarna cokelat kotak-kotak.

“Eh, itu David ada.” Ujar Tante.

“Ada apa, Ma?” Tanya David sambil lirik ke Mamanya.

“Enggak. Tadi Tari nanyain kamu....”

“Apa, Tar?”

“Mmm... enggak! Gue cuma nanya biasa aja. ‘Kan tumbenan rumah sepi, biasanya lo suka di rumah sambil lari-lari gak jelas.”

“Itu ‘kan dulu, waktu gue masih kecil.”

Tante tersenyum ke gue, David pun melanjutkan perjalanannya yang entah mau kemana. Gue suka pusing kalo harus merhatiin tingkahnya David yang kadang emang bikin bola mata trus muter-muter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

abis baca2 , comment yaa... amaL loch ^_^